Wednesday 11 April 2018

MPASI Untuk Usia 6 Bulan Pertama

Untuk ibu-ibu yang baru memiliki baby, sering kali dipusingkan dengan membuat MPASI untuk si kecil. Tak jarang mereka justru memilih untuk beli diluar, yang bahkan kita tidak tau bagaimana proses pembuatannya. Jadi saran saya, bila ibu-ibu ingin gizi anak tercukupi dan sesuai dengan usianya, maka buatlah sendiri MPASInya.

MPASI diperuntukan untuk anak usia 6 bulan keatas, untuk usia 0 - 6 bulan berikanlah ASI saja. Saat usia 6 bulan pertama, berikan MPASI dengan menu tunggal. Menu tunggal adalah makanan yang hanya berisi 1 bahan makanan saja yang mengandung karbohidrat, bisa berupa buah, sayur atau nasi pure. Pemberian menu tunggal ini, diberikan 2 kali sehari, kemudian evaluasi bagaimana pencernaan si anak terharap makanan yang diberikan (lihat bagaimana pola BABnya, konsitensinya apakah padat atau encer) atau adakah alergi terhadap makanan tersebut.

Usahakan, saat membuat MPASI untuk anak jangan menggunakan blander karena ini akan merubah tekstur menjadi sangat lembut, sedangkan anak perlu rangsangan untuk mengunyah. Gunakanlah parutan untuk bahan-bahan yang agak keras, jangan lupa untuk di kukus terlebih dahulu kira-kira 10 menit. Bisa juga menggunakan saringan kawat untuk bahan-bahan yang sudah lembek.

by google alat membuat MPASI

No comments:

Post a Comment

Author

authornot writer, not jenius, just share and girl 23 year old.
Learn More →